CLOCK

Minggu, 08 September 2019

Ciptakan Puisi yang Baik dan Benar

Sebelumnya kita sudah membaca beberapa contoh puisi bertemakan kehidupan dan pendidikan. Sekarang kita akan belajar bagaimana cara menciptakan puisi yang menarik, indah, baik dan benar.


Sebetulnya, membuat puisi itu gampang-gampang susah. Kita harus memiliki kosa kata yang banyak untuk menjadikan sebuah puisi itu terlihat indah. Butuh imajinasi yang tinggi agar puisi tersebut menjadi nyata dan hidup.
Sama halnya membuat cerpen, dalam cerpen juga kita harus mengeluarkan seluruh tenaga dan pikiran kita agar terfokus kepada kata-kata yang tepat untuk isi di dalam karangan tersebut.
Tapi dengan kemauan dan kerja keras, seiring berjalannya waktu maka karanganmu berupa puisi akan semakin indah tanpa kau sadari. Tinggal kamu mau bersabar dalam berjuang, atau memilih menyerah di tengah jalan.



Hasil gambar untuk cara membuat puisi yang baik
Cara membuat puisi

1. Tentukan Tema dan Judul
Pertama, pilihlah satu tema yang kita inginkan sebagai acuan dalam membuat puisi agar puisi kita lebih menarik. Tema puisi ada banyak sekali. Jadi, sebisa mungkin pilihlah tema yang benar-benar menarik. Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah menentukan judul yang berpacu pada tema. Misalnya saja kita menentukan temanya, yaitu kesetiaan.

2. Menentukan Kata Kunci
Setelah menentukan tema, langkah-langkah menulis puisi selanjutnya adalah menentukan kata kunci dan kemudian mengembangkan kata tersebut. Jika kamu telah menemukan tema, misalnya tadi kesetiaan, maka selanjutnya adalah menemukan kata kunci yang berkaitan dengan keabadian tersebut. Apabila sudah dirasa cukup untuk memulai membuat puisi, maka kamu tinggal mengembangkannya dalam sebuah kalimat atau larik puisi. Misalnya satu kata kunci digunakan untuk satu larik. Atau bisa saja, satu kata kunci kemudian dikembangkan menjadi satu bait.

3. Menggunakan Gaya Bahasa
Langkah menulis puisi selanjutnya adalah dengan menggunakan gaya bahasa. Salah satunya adalah dengan majas misalnya majas perbandingan atau majas metafora misalnya.

4. Kembangkan Puisi Seindah Mungkin
Selanjutnya adalah mengembangkan semua langkah di atas menjadi puisi yang indah. Susun kata-kata, larik-larik puisi menjadi bait-bait. Kembangkanlah menjadi satu puisi yang utuh dan bermakna. Kamu harus ingat bahwa puisi bukanlah sebuah artikel. Tulisan yang kamu buat untuk puisi harus ringkas, padat, sekaligus indah. Pilihlah kata yang sesuai yang mewakili unsur keindahan sekaligus makna yang padat.
Ingatlah tiga hal yang berkaitan dengan kata dan larik dalam menulis puisi, yaitu:
  • Kata adalah satuan rangkaian bunyi yang ritmis atau indah, atau yang merdu
  • Makna kata bisa menimbulkan banyak tafsir
  • Mengandung imajinasi mendalam tentang hal yang dibicarakan
Hasil gambar untuk panduan cipta puisi
Panduan Cipta Puisi
Rangkuman Langkah-langkah Membuat Puisi
  • Menentukan gaya puisi
  • Menentukan tema dan judul puisi
  • Membayangkan suasana
  • Menggunakan gaya bahasa
  • Kembangkan puisi seindah mungkin
  • Menulis puisi

referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar